• News

  • Peristiwa

RSCM Luncurkan Aplikasi Telekonsultasi ‘SiapDok‘

Peluncuran aplikasi telekonsultasi SiapDok RSCM pada Sabtu (21/11/2020)
Istimewa
Peluncuran aplikasi telekonsultasi SiapDok RSCM pada Sabtu (21/11/2020)

JAKARTA, NRTRALNEWS.COM - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menghadirkan layanan konsultasi medis jarak jauh melalui aplikasi telekonsultasi 'SiapDok RSCM'.

Aplikasi telekonsultasi SiapDok diluncurkan pada Sabtu (21/11/2020), bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-101 RSCM yang mengusung tema 'Embracing Our Next Century Through Improved Medical Services'. 

Direktur Utama RSCM, Lies Dina Liastuti mengatakan, SiapDok adalah aplikasi layanan kesehatan yang memudahkan pasien berkonsultasi jarak jauh dengan dokter RSCM secara daring. Aplikasi ini juga digunakan sebagai medium berbagi informasi sesama dokter antar rumah sakit yang bekerja sama dengan RSCM.

"SiapDok merupakan platform layanan kesehatan berupa jasa telekonsultasi yang menghubungkan dokter RSCM dengan dokter di rumah sakit lain yang bekerjasama dengan RSCM, yang belum memiliki ahli sebanyak kami. Lalu, bisa juga antara pasien langsung dengan dokter-dokter berkualitas kami di RSCM," kata Lies saat peluncuran aplikasi SiapDok

yang ditayangkan secara langsung di akun YouTube RSCM Jakarta.

Lies menjelaskan, tujuan telekonsultasi ini ada tiga. Pertama, adalah sebagai upaya peningkatan akses masyarakat pada layanan kesehatan di RSCM secara aman.

"Kedua, adalah untuk meningkatkan produktivitas pelayanan dokter secara aman pula, karena kami harus menjaga serta melindungi mereka khusunya sebagai aset bangsa, dan produktivitas masyarakat juga terjaga kesehatannya selama masa pandemi ini," ujarnya.

Ketiga, adalah meningkatkan kapasitas layanan RSCM, baik itu in-hospital, pra-hospital dan post-hospital. "Kami punya keyakinan, bahwa terwujudnya telekonsultasi SiapDok RSCM memenuhi kebutuhan dan juga aman karena ini hasil kerjasama dengan para profesional di bidangnya," ungkap Lies.

Aplikasi SiapDok RSCM, lanjut Lies, bisa melayani dan menjembatani telekonsultasi untuk puskesmas-puskesmas dan RSUD di berbagai daerah yang telah terpasang layanan internet dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). 

"Sehingga dokter dan masyarakat di daerah bisa berkonsultasi jarak jauh dengan para dokter ahli di RSCM. Kerjasama dan sinergi BLU (Badan Layanan Umum) antara RSCM dengan BLU BAKTI untuk akses internet ini, membuat RSCM siap berkolaborasi dan mensosialisasikan layanan ini (SiapDok) ke Puskesmas dan RSUD tempat internet BAKTI terpasang," jelasnya.

Lebih jauh, Lies mengungkapkan, RSCM juga bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam memberikan layanan kesehatan di hotel-hotel melalui SiapDok RSCM, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini.

"Demikian pula dengan Kemenparekraf, kami siap mengisi kebutuhan layanan kesehatan di hotel-hotel yang membutuhkan pantauan kesehatan," ucap dia.

Dengan begitu, tambah Lies, hotel yang menampung orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 atau warga yang melakukan isolasi mandiri di setiap destinasi pariwisata, akan terpantau dengan baik.

"Kami berupaya terus memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat, yang bermutu, dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan pasien maupun keselamatan staf kami," tutup Lies. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli