Netral English Netral Mandarin
16:50wib
Polisi menduga kelompok kriminal bersenjata (KKB) membakar sejumlah fasilitas umum di wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, lantaran sempat dijadikan sebagai Posko Komando Taktis alias Pos Kotis. Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian permohonan uji materi Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.
Awas, Ini 5 Infeksi Penyakit yang Bisa Menular Lewat Berciuman!

Rabu, 05-Mei-2021 10:00

Waspadai penyakit akibat dari berciuman.
Foto : Farmaku
Waspadai penyakit akibat dari berciuman.
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Tahukah Anda bahwa aktivitas berciuman ternyata bisa menjadi sarana penularan penyakit dan infeksi? Jika belum, Anda perlu mengetahui penyakit dan infeksi apa saja yang bisa menular melalui aktivitas ciuman. 

Berikut ini lima penyakit dan infeksi yang bisa menular melalui aktivitas berciuman, seperti dilansir dari laman self, Selasa (5/5/2021):

Herpes

Herpes biasanya dikenal sebagai penyakit yang timbul akibat suatu virus. Keadaan ini menyebabkan munculnya lepuhan pada kulit yang berwarna kemerahan dan berisi cairan. 

Baca Juga :

Tercatat, sebesar dua pertiga dari populasi dunia di bawah usia 50 tahun menderita herpes simpleks 1 (HSV-1), yang dikenal sebagai herpes jenis oral, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. Ada pula herpes simpleks 2 (HSV-2), yang dikenal sebagai jenis herpes genital, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

HSV-1 kadang-kadang menimbulkan luka di dalam dan sekitar mulut. Apabila Anda berciuman dengan seorang penderita herpes yang alami luka di mulut, maka bisa menularkan penyakit dan infeksi itu pada Anda, seperti menurut Idries Abdur-Rahman, MD, seorang dokter kandungan.

Jadi, jika seseorang yang Anda cium mengidap HSV-1, mereka dapat menularkan virus. Jika herpes menyerang Anda, mereka dapat menularkan virus ke alat kelamin Anda. Ada obat-obatan antivirus yang dapat dikonsumsi secara teratur untuk memperpendek penyebaran dan mencegah terjadinya wabah. 

Sifilis

Sifilis adalah kondisi yang sangat menular, salah satu ciri khasnya adalah timbulnya luka di mulut dan bisa menular melalui berciuman. Meski demikian, berciuman bukanlah cara paling umum untuk menularkan sifilis. Seks oral, anal, dan vaginal masih berperingkat lebih tinggi. untuk menularkan penyakit dan infeksi yang satu ini. 

Jadi apabila Anda atau pasangan Anda mengalami gejala sifilis, perlu memeriksakannya ke dokter. Harapannya dokter akan memberikan berbagai obat dan bantuan medis agar sifilis bisa terpantau dan terkendali. 

Meningitis

Beberapa meningitis disebabkan oleh bakteri sementara kasus lain muncul karena virus, termasuk virus herpes, kata Chris Carpenter, MD, Kepala Bagian Penyakit Menular dan Penyakit Dalam di Rumah Sakit Beaumont di Royal Oak, Michigan. 

Kontak dekat dengan orang yang mengidap virus meningitis dapat menyebabkan Anda tertular virus, tetapi tidak mungkin benar-benar berubah menjadi meningitis. Meningitis bakteri biasanya jenis yang terkait dengan wabah karena bakteri dapat menyebar melalui kontak dekat, termasuk berciuman, tetapi tidak seperti jenis virus, bakteri lebih mungkin menyebabkan meningitis pada inang, kata Carpenter. 

Mononukleosis

Penyakit yang satu ini bahkan dijuluki sebagai “penyakit berciuman”. Julukan itu memang pantas karena infeksi penyakit ini disebabkan oleh virus yang mudah ditularkan melalui ciuman, menurut Mayo Clinic. 

Salah satu tanda khasnya adalah kelelahan yang hebat, meskipun yang lain termasuk sakit tenggorokan dan pembengkakan kelenjar getah bening. Menurut Mayo Clinic, pengobatan terutama melibatkan istirahat, nutrisi yang baik dan minum banyak cairan.

Radang Gusi 

Berciuman tidak hanya melibatkan pertukaran ludah, aktivitas itu juga termasuk pertukaran bakteri dengan orang lain. Bergantung pada kedua kebiasaan perawatan kesehatan mulut Anda, bakteri tersebut dapat menyebabkan radang gusi, yang merupakan bentuk penyakit gusi ringan. Hal ini juga dapat menyebabkan gigi berlubang.

Mereka dapat menularkan bakteri itu kepada Anda melalui ciuman, yang berpotensi menyebabkan radang gusi merah khas yang menandakan radang gusi. Cara terbaik untuk melindungi diri Anda adalah dengan menjaga perawatan kesehatan mulut, yaitu menyikat gigi dua kali sehari sebelum bakteri itu tumbuh di luar kendali.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani