Netral English Netral Mandarin
15:41 wib
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta akan menerapkan sistem baru agar tak ada lagi surat hasil tes Covid-19 palsu. Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaporkan bahwa keterisian tempat tidur Intensive Care Unit (ICU) pasien Covid-19 di 101 rumah sakit rujukan telah mencapai 85 persen.
Rocky Gerung: Pemerintah Ingin Banyak Orang Kena Covid-19 Agar Vaksin Laku

Senin, 04-January-2021 19:00

Rocky Gerung.
Foto : Istimewa
Rocky Gerung.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Pengamat Politik Rocky Gerung menilai, pemerintah menginginkan banyak orang terkena Covid-19 agar vaksin yang sudah ada, laku.

Pernyataan ini disampaikan Rocky setelah mengetahui ada sebanyak 16 juta orang yang diketahui melakukan perjalanan libur Natal dan Tahun Baru. Tetapi baginya, itu semua bukan kesalahan dari masyarakat melainkan pemerintah.

Kan soal Covid-19 ini sangat mungkin pemerintah ingin agar banyak orang terkena Covid-19 sehingga vaksinnya laku. Bisa ada pikiran buruk begitu,” kata Rocky dikutip dari pernyataan di kanal Youtubenya, Senin (4/1/2021).



Lebih lanjut, diketahui Rocky bahwa Vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia, sudah dibeli dan dibayarkan sebesar 80 persen. Diartikan ada bisnis, yakni persaingan dengan vaksin jenis lain.

Menurutnya, ini merupakan masalah berulang dan manajemen Covid-19 yang berantakan. Baginya, pengendalian Covid-19 tidak dilakukan dengan promosi terkait proteksi kesehatan publik yang maksimal.

“Sebanyak 16 juta orang pulang-pergi. Bagaimana orang membuat kebijakan tetapi tidak memproyeksi kebijakan,” tegas Rocky.

Rocky menilai, saat ini masyarakat tengah bingung kepada fokus pemerintah, apakah di sektor kesehatan atau infrastruktur. Di sisi lain, ada tiga krisis yang tengah dihadapi. Diantaranya, krisis kesehatan karena adanya potensi positif Covid-19, selain itu krisis daya tahan tubuh yang menurun karena bahan pokok tidak tersedia.

Selain itu ada krisis kecemasan terhadap konflik politik. Konflik politik ini juga dinilai sebagai kesempatan untuk menurunkan imunitas tubuh dan mempermudah terjadinya pertengkaran antar kebijakan.

“Keajaiban Indonesia ada di dalam kekacauan kebijakan. Itu ajaibnya Indonesia ini,” tegas dia.

Diharap Rocky, dengan situasi tersebut masyarakat bisa memperkuat kepercayaan diri, santai, dan tidak stress. Baginya berbagai upaya itu bisa dilakukan tanpa campur tangan negara, agar tetap sehat dan mengatasi diri sendiri.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP