Netral English Netral Mandarin
16:04wib
Polisi menduga kelompok kriminal bersenjata (KKB) membakar sejumlah fasilitas umum di wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, lantaran sempat dijadikan sebagai Posko Komando Taktis alias Pos Kotis. Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian permohonan uji materi Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.
Yuk Rutin Makan Semangka, Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan

Selasa, 04-Mei-2021 22:00

Ilustrasi buah semangka
Foto : ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/wsj
Ilustrasi buah semangka
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Semangka adalah salah satu buah yang cukup mudah didapatkan. Selain tidak kenal musim, banyak toko buah yang selalu menyediakan semangka di tokonya. Ada yang menjualnya potongan, atau satuan. 

Selain rasanya menyegarkan, semangka juga kaya nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Tak heran, buah semangka ternyata juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. 

Melansir Healthline, salah satu keunggulan semangka yakni buah ini rendah kalori. Setiap satu cangkir atau 154 gram, semangka hanya mengandung 46 kalori. Kalori semangka lebih rendah ketimbang beberapa buah rendah gula lainnya seperti beri-berian. 

Selain rendah kalori, buah semangka juga banyak mengandung vitamin C, A, B, mineral kalium, dan magnesium. Buah yang masih satu keluarga dengan melon dan mentimun ini juga tinggi antioksidan penting seperti karotenoid, likopen, dan cucurbitacin E. 

Dengan segudang nutrisi buah segar ini, berikut beberapa potensi manfaat buah semangka untuk kesehatan: 

1. Menghidrasi tubuh 

Melansir Health, semangka termasuk buah yang banyak mengandung air. Satu cangkir semangka memiliki lima ons air. Mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup, seperti minum air putih atau makan makanan kaya air, dapat menghidrasi tubuh. 

Hidrasi tubuh penting untuk melancarkan peredaran darah, mengatur suhu tubuh, sampai menunjang metabolisme dan fungsi organ vital. Kekurangan cairan akibat dehidrasi bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental. 

2. Menurunkan tekanan darah 

Manfaat semangka yang sayang dilewatkan lainnya yakni membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan L-citrulline dalam semangka, terutama di bagian putih dekat kulitnya, terbukti bisa meningkatkan fungsi arteri dan membantu pembuluh darah rileks. Hal itu berguna untuk menurunkan tekanan darah. 

3. Mengurangi nyeri otot 

Sebuah penelitian menunjukkan, atlet yang makan 16 ons jus semangka satu jam sebelum latihan terbukti lebih minim terkena nyeri sendi dan detak jantung pulih lebih cepat ketimbang atlet yang tidak diberi semangka. 

Studi lain pada pelari pria juga menunjukkan, atlet yang minum 16 ons jus semangka dua jam sebelum balapan maraton, mengalami nyeri otot lebih sedikit ketimbang yang tidak diberi semangka. 

4. Membantu mengontrol berat badan 

Semangka bisa membantu mengontrol berat badan saat dikonsumsi sebagai pengganti camilan manis olahan. Sebuah penelitian dari San Diego State University pada 2019 menemukan, orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas cenderung merasakan kenyang lebih lama setelah makan semangka. 

Selama penelitian, salah satu kelompok diminta makan dua cangkir buah semangka segar setiap hari. Sedangkan kelompok kedua diminta makan kue rendah lemak dengan kalori sama dengan semangka. Hasilnya, para peneliti menemukan responden yang makan buah semangka lebih awet kenyang 90 menit ketimbang kue tersebut. 

5. Melancarkan pencernaan 

Meskipun tidak terlalu tinggi serat, buah semangka cukup untuk membantu melancarkan pencernaan. Buah ini mengandung banyak cairan dan prebiotik yang bisa merangsang pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan. Selain melancarkan pencernaan, prebiotik juga bisa menunjang kekebalan tubuh, antiperadangan, dan menjaga suasana hati tetap positif. 

6. Mencegah penyakit kronis 

Kandungan antioksidan likopen dalam semangka dapat membantu memerangi stres oksidatif akibat ketidakseimbangan produksi radikal bebas dalam tubuh. Perlindungan likopen bisa membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, dan alzheimer. Hal yang perlu diingat, kandungan likopen dalam semangka merah lebih banyak ketimbang jenis semangka kuning. 

7. Menjaga kesehatan kulit dan rambut 

Kandungan vitamin A dan C dalam buah semangka juga penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen. Protein ini menjaga kulit kita tetap kenyal dan rambut kuat. 

Vitamin A juga penting untuk kesehatan kulit karena membantu untuk memperbaiki sel kulit. Kekurangan vitamin A membuat kulit kering dan bersisik. Selain itu, antioksidan likopen dan beta-karoten dalam semangka juga membantu melindungi kulit dari sengatan matahari. 

8. Menjaga kesehatan mata 

Kandungan likopen dalam semangka dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan pembengkakan, termasuk area mata. Antioksidan ini juga dapat mencegah degenerasi makula seiring pertambahan usia. 

Seperti diketahui, degenerasi makula adalah penyebab kebutaan atau gangguan penglihatan pada kalangan lansia. Dengan mencermati segudang manfaat buah semangka untuk kesehatan di atas, saatnya menambahkan buah segar ini ke dalam camilan sehat sehari-hari.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Taat Ujianto